• Posted by : Unknown Rabu, 17 September 2014

    Kemasan

     PENGERTIAN :

    Packaging/kemasan, diartikan secara umum adalah bagian terluar yang membungkus suatu produk  dengan tujuan untuk melindungi produk dari cuaca, guncangan dan benturan-benturan, terhadap benda lain. Setiap bentuk barang  benda yang membungkus suatu benda di dalamnya dapat disebut dengan packaging/kemasan sejauh hal tersebut memang melindungi isinya.

    Jenis-Jenis Kemasan :
    1. KEMASAN PLASTIK.
     
    2. KEMASAN BOTOL :
        A. BOTOL KACA





















        



     
         
         B. BOTOL PLASTIK









                  


     

     
    3. KEMASAN KADUS/ KARTON KAKU
               








     
    4. KEMASAN GELAS PLASTIK









     

     

     


    5. KEMASAN KALENG



















    Fungsi Kemasan & Pengemasan

    Fungsi paling mendasar dari kemasan adalah untuk mewadahi dan melindungi produk dari kerusakan-kerusakan, sehingga lebih mudah disimpan, diangkut dan dipasarkan. Secara umum fungsi pengemasan pada bahan pangan adalah :
    1. Mewadahi produk selama distribusi dari produsen hingga kekonsumen, agar produk tidak tercecer, terutama untuk cairan, pasta atau butiran
    2. Melindungi dan mengawetkan produk, seperti melindungi dari sinar ultraviolet, panas, kelembaban udara, oksigen, benturan, kontaminasi dari kotoran dan mikroba yang dapat merusak dan menurunkan mutu produk.
    3. Sebagai identitas produk, dalam hal ini kemasan dapat digunakan sebagai alat komunikasi dan informasi kepada konsumen melalui label yang terdapat pada kemasan.
    4. Meningkatkan efisiensi, misalnya : memudahkan penghitungan (satu kemasan berisi 10, 1 lusin, 1 gross dan sebagainya), memudahkan pengiriman dan penyimpanan. Hal ini penting dalam dunia perdagangan.
    5. Melindungi pengaruh buruk dari luar, Melindungi pengaruh buruk dari produk di dalamnya, misalnya jika produk yang dikemas berupa produk yang berbau tajam, atau produk berbahaya seperti air keras, gas beracun dan produk yang dapat menularkan warna, maka dengan mengemas produk ini dapat melindungi produk-produk lain di sekitarnya.
    6. Memperluas pemakaian dan pemasaran produk, misalnya penjualan kecap dan syrup mengalami peningkatan sebagai akibat dari penggunaan kemasan botol plastik.
    7. Menambah daya tarik calon pembeli
    8. Sarana informasi dan iklan
    9. Memberi kenyamanan bagi pemakai.

    { 1 komentar... read them below or add one }

  • Copyright © 2013 - Hyperdimension Neptunia

    Nur Azizah Web Blog - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan